TUGAS 4
1.
Pengertian
dari :
A. Harga adalah suatu nilai tukar yang bisa disamakan dengan uang atau
barang lain untuk manfaat yang diperoleh dari suatu barang atau jasa bagi seseorang
atau kelompok pada waktu tertentu dan tempat tertentu. Istilah harga digunakan
untuk memberikan nilai finansialpada
suatu produk barang atau jasa.
B. Promosi adalah
upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan
menarik calon konsumen untuk
membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi produsen atau distributor
mengharapkan kenaikan harga penjualan.
C. Barang atau komoditas dalam pengertian ekonomi adalah suatu
objek atau jasa yang memiliki nilai. Nilai suatu barang akan ditentukan karena
barang itu mempunyai kemampuan untuk memenuhi kebutuhan.
2.
mengapa masalah harga dapat memberikan
dorongan bagi produsen untuk membuat barang. bagaimana pengaruh harga bagi
konsumen dalam melakukan pembelian?
Menetapkan
harga berarti bagaimana mempertautkan produk kita dengan aspirasi sasaran
pasar, yang berarti pula harus mempelajari kebutuhan, keinginan, dan harapan
konsumen. Dengan kata lain harga dan penetapan harga adalah suatu proses
yang harus dilakukan oleh perusahaan untuk memberikan nilai suatu produk atau
jasa dengan mengkalkulasikan terlebih dahulu segala macam biaya yang
dikeluarkan untuk memperoleh keuntungan serta mempertimbangkan faktor-faktor
yang mempengaruhi permintaan selain harga. Kualitas produk juga merupakan
salah satu faktor penting dalam meningkatkan daya saing produk, selain biaya
produksi yang menentukan harga jual produk dan ketepatan waktu produksi yang
menentukan kemampuan dalam mendistribusikan produk dalam waktu yang tepat. Harga
memegang peranan penting terutama kalau menyangkut sejumlah barang tertentu
yang mutunya tidak jauh berbeda. Kualitas
produk juga merupakan hal penting yang harus
diusahakan oleh setiap perusahaan apabila menginginkan produk yang dihasilkan
dapat bersaing di pasar. Konsumen selalu ingin mendapatkan produk yang
berkualitas sesuai dengan harga yang dibayar.
3.
Pengertian dari :
A. Pasar
Pasar adalah
salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan
infrastruktur dimana usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk
orang-orang dengan imbalan uang. Barang dan jasa yang dijual menggunakan alat
pembayaran yang sah seperti uang fiat. Kegiatan ini merupakan bagian dari
perekonomian. Ini adalah pengaturan yang memungkinkan pembeli dan penjual untuk
item pertukaran. Persaingan sangat penting dalam pasar, dan memisahkan pasar
dari perdagangan. Dua orang mungkin melakukan perdagangan, tetapi dibutuhkan
setidaknya tiga orang untuk memiliki pasar, sehingga ada persaingan pada
setidaknya satu dari dua belah pihak. Pasar bervariasi dalam ukuran, jangkauan,
skala geografis, lokasi jenis dan berbagai komunitas manusia, serta jenis
barang dan jasa yang diperdagangkan. Beberapa contoh termasuk pasar petani
lokal yang diadakan di alun-alun kota atau tempat parkir, pusat perbelanjaan
dan pusat perbelanjaan, mata uang internasional dan pasar komoditas, hukum
menciptakan pasar seperti untuk izin polusi, dan pasar ilegal seperti pasar
untuk obat-obatan terlarang.
B. Contoh
suatu perusahaan yang menggunakan orientasi pasar? Apa manfaat bagi podusen
dalam jangka panjang?
Untuk mengembangkan
pasar mobil diAmerika pada awal 1900-an, Henry Ford dengan perusahaan mobilnya
Texas Instruments menjalankan filosofi “lakukan produksi, potong
harganya”. Dia mengerahkan segala upaya untuk membangun volume produksi
dan meningkatkan teknologi guna menekan harga dan selanjutnya memperluas ukuran
pasar.
Smber :

Komentar
Posting Komentar